Pedoman
Pembinaan Masa Orientasi Siswa (MOS)
Untuk SMP, SMA/SMK
Tahun Pelajaran 2011/2012
P E D A H U L U A N
A. Latar Belakang
Setiap jenjang pendidikan memiliki ciri – ciri khusus
yang membedakannya dengan jenjang pendidikan lainnya. Kekhususan ini
dibutuhkan, karena cara penyampaian materi pendidikan perlu disesuaikan dengan
tingkat perkembangan kemampuan mental psikologis peserta didik. Adanya ciri
khusus pada setiap jenjang pendidikan menyebabkan beberapa kebiasaan belajar
yang dikembangkan di jenjang sebelumnya perlu ditinggalkan dan diganti dengan
cara belajar yang baru yang lebih sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan
mental psikologis siswa.
Penyelenggaraan Masa Orientasi Siswa (MOS) di SMP, SMA dan
SMK merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam rangka memberikan
pengenalan mengenai lingkungan sekolah yang akan didudukinya. Disamping itu,
kegiatan MOS diadakan sebagai upaya untuk menjembatani siswa mengenal berbagai
kekhususan dari jenjang pendidikan barunya, baik yang berupa lingkungan fisik,
lingkungan sosial maupun program belajar.
Untuk jenjang SMP, SMA dan SMK, kegiatan MOS disusun
dengan memperhatikan kenyataan bahwa :
1. Hari
– hari pertama adalah masa ketika sebagian besar siswa memasuki lingkungan yang
baru, karena teman sekelasnya tidak berasal dari kelas yang sama maupun sekolah
yang sama.
2. Pengalaman – pengalaman awal dalam lingkungan yang baru datang mempengaruhi kesan umum terhadap lingkungan yang bersangkutan. Oleh karena itu perlu diusahakan agar kesan awal yang terbentuk terhadap lingkungan sekolah baru adalah kesan yang positif dan menyenangkan yang dapat membangkitkan minat belajar pada hari - hari berikutnya.
3. Siswa-siswa diharapkan dapat menarik kesimpulan berdasarkan percobaan yang dilakukan, seperti misalnya ketika mengadakan praktikum kimia, fisika dan biologi. Siswa perlu dibantu untuk mengembangkan kerampilan ini, antara lain dengan mulai mengajak siswa memikirkan makna dari kegiatan MOS. Selain harus menyenangkan juga harus mampu mendorong dan memotivasi siswa untuk memikirkan makna pengalaman ini.
Selengkapnya > > >
2. Pengalaman – pengalaman awal dalam lingkungan yang baru datang mempengaruhi kesan umum terhadap lingkungan yang bersangkutan. Oleh karena itu perlu diusahakan agar kesan awal yang terbentuk terhadap lingkungan sekolah baru adalah kesan yang positif dan menyenangkan yang dapat membangkitkan minat belajar pada hari - hari berikutnya.
3. Siswa-siswa diharapkan dapat menarik kesimpulan berdasarkan percobaan yang dilakukan, seperti misalnya ketika mengadakan praktikum kimia, fisika dan biologi. Siswa perlu dibantu untuk mengembangkan kerampilan ini, antara lain dengan mulai mengajak siswa memikirkan makna dari kegiatan MOS. Selain harus menyenangkan juga harus mampu mendorong dan memotivasi siswa untuk memikirkan makna pengalaman ini.
Selengkapnya > > >
Farah Farce sukses Farceee online shop
BalasHapusanak sulung jokowi pengusaha katering
5 pengusaha muda sukses indonesia